Love Your Mental Health and be Positive Vibes

Oleh : Siti Nurdiana

 

Kesehatan Mental atau Mental Health merupakan aspek yang penting yang harus selalu diperhatikan dan selalu dijaga karena Mental Health mempunyai dampak yang sangat besar terhadap perilaku seseorang. Jika seseorang Mental Health nya sudah terganggu maka akan timbul gangguan yang disebut dengan penyakit mental. Beberapa jenis gangguan mental yang sangat sering ditemukan, antara lain depresi, gangguan bipolar, kegelisahan, kecemasan stres berlebihan, dan masih banyak gangguan mental yang sering terjadi pada seseorang. Gangguan mental bukan terjadi hanya pada orang tua saja bahkan diera milenial ini banyak remaja yang mengalami gangguan mental karena justru yang rentan terkena gangguan mental adalah generasi Z atau yang biasa disebut sebagai generasi Milenial. Dikutip dari artikel Cigna mengenai Anak Muda dan Masyarakat Urban Lebih Rentan Alami Gangguan Mental”.

-          Penyakit mental biasanya muncul pada saat remaja, yakni pada kisaran usia 14 tahun. Menurut World Health Organization, banyak sekali kasus gangguan mental yang tidak tertangani, dan berdampak pada kasus bunuh diri akibat depresi dan menjadi penyebab kematian tertinggi pada kalangan remaja usia 15-29 tahun.

-          Berdasarkan data hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2018, prevalensi penderita skizofernia sebesar tujuh per seribu dengan cakupan pengobatan 84,9%. Sedangkan prevalensi gangguan mental emosional pada remaja berumur lebih dari lima belas tahun sebesar 9,8%.

-          Masyarakat yang tinggal diperkotaan lebih rentan terkena depresi, gangguan bipolar, dan gangguan mental lainnya. Hal ini menambah tingkat kasus gangguan mental atau gangguan jiwa di Indonesia maupun diseluruh dunia.

Banyak sekali faktor – faktor yang dapat mempengaruhi mental seorang remaja, saat ini kita tahu bahwa perkembangan teknologi kalangan generasi milenial ini sangat pesat berdasarkan Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia di tahun 2017 menunjukan bahwa penggunaan internet paling banyak digunakan oleh kalangan remaja terutama generasi milenial kebanyakan yang digunakan itu adalah chatting dan media sosial. Dimana dengan menggunakan internet seseorang akan lebih mudah untuk melakukan komunikasi hingga menimbulkan cyberbullyng yang pada akhirnya dapat menyebabkan meningkatnya kecemasan seseorang karena selalu membanding- bandingkan hidupnya dengan orang lain. Seharusnya kita sebagai generasi milenial harus lebih peduli pada kesehatan mental kita dan lebih bermawas diri dalam menggunakan internet sebagai media komunikasi dan yang pastinya jangan terlalu menghiraukan omongan orang lain yang berusaha menjatuhkan kita karena hal tersebut jika terus kita tanggapi akan berdampak negatif bagi kesehatan mental kta. Karena generasi Z merupakan generasi penerus bangsa dimana bangsa ini akan sangat membutuhkan kontribusi para generasi milenial untuk membangun bangsa ini ke arah yang lebih baik dengan kualitas sumber daya manusia yang unggul terutama dalam pola pikir.

Hari Kesehatan Mental Sedunia diperingati pada tanggal 10 oktober. Pada tahun ini World Health Organization mengusung tema “Moves For Mental Health, Let’s Invest”. Program tersebut ditujukan untuk seluruh masyarakat di dunia agar tetap melakukan olahraga untuk kesehatan mental ditengah situasi wabah virus Covid-19.

Menurut WHO mereka menegaskan bahwa menjaga dan memulihkan kesehatan mental sangat penting untuk individu. Menjaga mental merupakan hal yang harus dilakukan karena jika kesehatan mental kita terjaga kita bisa mempermudah segala aktivitas kita karena segala sesuatu yang kita lakukan bisa tergantung pada Mental Health kita. Karena jika Mental Health kita sedang tidak baik itu akan sangat mempengaruhi mood kita dimana kondisi inidapat menyebabkan perubahan suasana hati yang signifikan.

Maka dari itu mulai dari sekarang kita sebagai generasi milenial yang nantinya akan menjadi pewaris bangsa harus lebih peduli dengan Mental Health kita karena bangsa ini membutuhkan remaja yang mampu berfikir jernih untuk memajukan negara serta menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dengan terus merasa bersyukur dan menghilangkan fikiran yang negatif agar kesehatan mental kita tetap terjaga dengan cara mencintai diri kita sendiri itu akan membuat kita merasa lebih berharga. Karena orang yang selalu berfikir positif akan membawa pengaruh baik pula bagi orang lain. Love Yourself, Love Your Mental Health and be Positive Vibes.

Komentar

Postingan populer dari blog ini