Love Myself and be Grateful

          Oleh : Siti Nurdiana

 

Mencintai diri sendiri merupakan suatu keharusan karena dengan mencintai diri kita sendiri merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala ciptaannya. Karena orang yang menyayangi atau mencintai dirinya sendiri adalah bukan orang yang egois. Mungkin memang banyak alasan yang membuat kita terkadang merasa tidak percaya diri atau dikalangan remaja sangat populer dengan istilah Insecure dimana hal tersebut membuat kita kehilangan percaya diri bahkan hingga membuat kita tidak mencintai diri kita sendiri rasa Insecure atau percaya diri membuat seseorang terasa gelisah disegala kondisi yang membuat kita semakin cemas dengan segala hal. Orang yang mengalami Insecure kebanyakan menilai diri mereka sendiri tidak lebih baik dari orang lain, dimana hal tersebut dapat menyebabkan kecenderungan seseorang yang akan merasakan tekanan, rasa khawatir, dan hilangnya rasa percaya diri dari dalam diri seseorang karena harapan seseorang tersebut yang terlalu tinggi. Hal ini akan berdampak negative jika terus terjadi berulang-ulang karena perasaan yang terjadi dalam proses pertumbuhan remaja ini dapat menimbulkan kegelisahan dan meningkatkan hilangnya rasa percaya diri, sebenarnya Insecure adalah hal yang wajar khususnya yang dialami oleh seorang remaja. Namun apabila insecure ini terjadi terus menerus akan tidak baik juga bagi seseorang. Rasa tidak percaya diri yang berlebihan pada seseorang dapat menimbulkan hal yang negative salah satunya adalah terganggunya mental mereka akibat gelisah yang berlebihan, sehingga akan menyebabkan kefatalan yang serius. Setiap manusia akan merasakan rasa tidak puas terhadap dirinya sendiri akibat terlalu memandang dirinya tidak lebih baik dari orang lain, begitupula ketika ada orang yang mengeluarkan kata - kata yang membuat seseorang merasa tidak nyaman dan menjadikan seseorang tersebut menjadi lebih tidak percaya diri dan pada akhirnya seseorang tersebut akan lebih tertutup, jika kita terus menanggapi mungkin orang tersebut akan terus mencari hal - hal yang akan terus membuat kita semakin kehilangan percaya diri.

Sebagai manusia biasa aku sendiri sering mengalami hal – hal tersebut aku sendiri belum sepenuhnya bisa menghilangkan rasa Insecure pada diriku sendiri karena kembali lagi setiap manusia pasti akan memiliki rasa tidak puas dalam diri sendiri. Karena menurutku insecure bukanlah sifat yang disengaja karena Insecure itu berasal dari rasa ingin berusaha untuk percaya diri, tetapi karena omongan orang lain yang menjatuhkan semangat seseorang yang menyebabkan hilangnya rasa percaya diri menjadi semakin hilang. Dari hal itu aku mulai belajar untuk menyayangi diriku sendiri dan tidak mementingkan egoku untuk mendengarkan omongan orang lain yang akan terus menjatuhkan kita. Dan tentunya mulai lebih bersyukur terhadap apa yang Tuhan berikan kepada diriku karena kita diciptakan sudah sesuai dengan kadar dan proporsinya masing- masing. Karena jika kita menyadari bahwa di luar sana ada orang lain yang ingin menjadi seperti kita, sebenarnya kita mempunyai kelebihan di dalam pandangan orang lain, tetapi karena kita selalu menganggap diri kita lebih baik dari orang lain itulah yang menyebabkan kita sendiri yang tidak bias melihat kelebihan yang ada pada diri kita sendiri. Aku mulai berhenti memikirkan apa yang orang lain katakan yang membuat aku kehilangan percaya diriku karena aku percaya siapapun diriku, bagaimanapun aku, aku berhak bahagia.

Maka dari itu mulai sekarang marilah kita mencintai diri kita sendiri karena dengan menyayangi diri kita sendiri akan membuat kita lebih berharga. Hal yang bisa kita lakukan untuk tidak selalu insecure adalah dengan selalu percaya diri, melihat potensi atau kelebihan yang ada di dalam diri kita, buang rasa curiga terhadap orang yang ada disekitar kita, harus bias menenangkan fikiran, selalu bersyukur atas apa yang telah Tuhan beri untuk kita. Karena perjuangan masih panjang waktu kita seharusnya kita gunakan untuk membangun hal – hal yang berguna untuk masa depan, bukan untuk terus berlarut – larut dalam rasa kegelisahan mulai sekarang mari Bersyukur dan kuarangi Insecure. Mulai sekarang mari kita bersama – sama  Selflove and be Grateful.

Komentar

Postingan populer dari blog ini